Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Narrative Text 2


Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Narrative Text - Halo Sobat KBIng, dalam proses mengajar seorang guru dibutuhkan step by step yang tepat agar proses belajar mengajar berjalan efektif.

Oleh karena itu, kali ini kita akan menyajikan sebuah contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) narrative text. Namun, sebelum contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)  narrative text, ada baiknya bagi kita untuk mengulas sedikit tentang contoh RPP tersebut sehingga Sobat menjadi lebih paham dan mudah dalam membuat sebuah RPP. Baiklah, tanpa berlama-lama lagi, di bawah ini adalah pembahasan contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tentang narrative text.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (Explicit Teaching)

Advertisement
Sekolah              : SMA
Mata Pelajaran   : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok      : Menulis teks naratif (bentuk lampau), kegiatan sehari-hari (sekarang dan
                               berulang-ulang) dan rencana akan datang (bentuk akan datang).                                     
Alokasi Waktu : 6JP

A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
    royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan
    sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
    efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
    cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
    metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
    budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan
    peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
    prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
    memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
    pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
    menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi dasar:

1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
        komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
1.2. Menunjukkan prilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi    interpersonal
        dengan guru dan teman.
1.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
        melaksanakan Komunikasi fungsional
1.4. Menunjukkan prilaku tanggung jawab,peduli,kerjasama,dan cinta damai dalam
        melaksanakan komunikasi fungsional.

3.6. Menulis teks yang berkaitan dengan kejadian lampau dalam bentuk naratif, teks kegiatan
        sehari-hari dan teks tentang apa yang ingin dilakukan jika telah menjadi seseorang yamg
        berhasil dengan tata bahasa penulisan yang baik.

1. Siswa dapat menulis teks sesuai jenis nya
2. Siswa dapat mengidentifikasi bentuk teks
3. Siswa dapat mengidentifikasi ciri kebahasaan sebuah teks
4. Siswa dapat menganalisis struktur teks dan unsur kebahasaan

4.7 Mempelajari kesalahan-kesalahan teks tertulis untuk menceritakan kejadian masa lampau,
       kegiatan sehari-hari dan apa yang ingin dilakukan jika telah menjadi orang yang berhasil
       dan memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut sesuai dengan kaidah yang
       diinformasikan.

1. Siswa dapat memperbaiki teks tertulis mengenai kejadian masa lampau, kegiatan sehari
     hari dan rencana yang ingin dilakukan jika telah menjadi orang yang berhasil
2. Siswa dapat mengidentifikasi kesalahan tata bahasa di dalam teks tertulis tersebut

C. Materi Pembelajaran

1. Tata bahasa dalam penulisan/ writing purpose: 
     menulis dalam bentuk lampau, dalam bentuk sekarang berulang-ulang dan dalam bentuk
     yang akan datang. 

2. Struktur Tulisan :
Tulisan tentang kejadian masa lampau
One day, I was on my way home.
Tulisan tentang kegiatan sehari-hari
After I make my bed, I have breakfast
Tulisan tentang yang ingin dilakukan saat menjadi orang yang berhasil
I will buy a car when I become a rich man

3. Unsur Kebahasaan : 

1. Tata bahasa terkait dengan masa lampau, masa sekarang berulang dan masa akan
    datang
2. Simple past tense
3. Simple present tense 
4. Simple future tense
5. Tulisan siswa diperiksa dari sudut pandang ketata-bahasaannya

D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

1. Media
- Gambar
- Tulisan berupa my most memorable experience, my daily activities dan what I will do when
   I am successful
2. Alat/Bahan
- Proyektor
- Laptop
- Monitor
- Papan tulis
3. Sumber Belajar
- Buku, internet, siswa dan guru

E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1
1) Kegiatan Pendahuluan ( 15 menit)
Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
Guru menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat); 
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
   akan dilakukan siswa  untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.
Guru memberikan lembar kerja.

2)        Kegiatan Inti ( 60 menit) 
3)       Kegiatan Penutup (15 Menit)
·      Siswa  dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
·      Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya


     PERTEMUAN KE 2

       Pertemuan 2
1)    Kegiatan Pendahuluan ( 15 menit)
·    Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·    Guru menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·    Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan
    yang akan dilakukan siswa  untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam
    pembelajaran.
·    Guru memberikan lembar kerja

  2)    Kegiatan Inti ( 60 menit)

3)   Kegiatan Penutup (15 Menit)
·      Siswa  dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
·      Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

     PERTEMUAN KE 3

       Pertemuan 3
1)    Kegiatan Pendahuluan ( 15 menit)
·    Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·    Guru menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·    Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan
    yang akan dilakukan siswa  untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam
    pembelajaran.
·    Guru memberikan lembar kerja

    2)    Kegiatan Inti ( 60 menit)


3)   Kegiatan Penutup (15 Menit)
·      Siswa  dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
·      Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

Nah Sobat, demikianlah pembahasan mengenai contoh Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) narrative text  kali ini. Semoga artikel ini dapat menjadi
referensi yang baik bagi Sobat dalam membuat RPP narrative text. Baiklah,
terimakasih telah membaca dan sampai berjumpa kembali dalam artikel-artikel
menarik lainnya.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)