Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Explanation Text - artikel kali ini akan menyajikan sebuah contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tentang explanation text. Karangan kali ini akan menjabarkan tentang cara mengajar explanation textnamun dengan cara yang berbeda.
Baiklah, tanpa berlama-lama lagi di bawah ini adalah salah satu contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mengenai pengajaran explanation text dengan cara yang menyenagkan. Selamat membaca!
Advertisement
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / Genap
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit
Topik Pembelajaran : Explanation Text
A. Standar Kompetensi
5. Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk
narrative text, explanation text, dan discussion text dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
B. Kompetensi Dasar
5.2. Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk
mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative text, explanation text, dan
discussion text.
C. Indikator
Menyusun kata/phrasa menjadi kalimat yang benar
Menyusun kalimat yang berbentuk explanation text
Mengidentifikasi topik teks yang dibaca
Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam explanation text
Menyusun kata/phrasa menjadi kalimat yang benar
Menyusun kalimat yang berbentuk explanation text
Mengidentifikasi topik teks yang dibaca
Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam explanation text
D. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa mampu :
Menyusun kata/phrasa menjadi kalimat yang benar
Menyusun kalimat yang berbentuk explanation text
Mengidentifikasi topik teks yang dibaca
Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam explanation text
E. Materi Pokok
Explanation text, kosa kata yang terkait
F. Metode Pembelajaran/Teknik:
Three – phase technique
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (5’)
Salam dan tegur sapa
Memeriksa kehadiran siswa
Tanya jawab antara siswa dan guru berkaitan dengan materi yang akan dibahas (arisan)
untuk meleading dan menghubungan pengetahuan siswa.
Kegiatan Inti (30’)
Tanya jawab antara siswa dan guru untuk mendapatkan informasi tentang materi yang
dibahas (arisan).
Mendengarkan kembali informasi tentang materi yang dibahas (arisan).
Membentuk kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 orang.
Masing-masing kelompok menentukan seorang sekertaris dan yang lainnya bertugas
untuk menyusun kata-kata yang acak-acakan menjadi kalimat.
untuk menyusun kata-kata yang acak-acakan menjadi kalimat.
Masing-masing kelompok diberikan waktu 30 detik di setiap kertasnya untuk melihat
kertas-kertas yang ditempel di dinding yang berisi kata yang diacak-acak dan menyusun
kata-kata itu menjadi kalimat yang benar.
kertas-kertas yang ditempel di dinding yang berisi kata yang diacak-acak dan menyusun
kata-kata itu menjadi kalimat yang benar.
Menyatakan siap untuk melakukan proses yang dijelaskan oleh guru.
Melakukan proses yang dijelaskan oleh guru. (task 1)
Berkumpul di dalam kelompok untuk mengoreksi dan menyusun kalimat acak menjadi
susunan kalimat yang benar berbentuk teks explanation. (task 2)
Menukarkan hasil pekerjaan dengan kelompok lain.
Mengoreksi hasil pekerjaan kelompok lain.
Melaporkan hasil pekerjaan kelompok lain.
Menerima teks explanation yang sebenarnya dan mendiskusikan kata-kata sulit yang
terdapat di dalam teks tersebut.
Menjawab pertanyaan sesuai dengan pilihan yang benar (task 3) (Mengidentifikasi
informasi yang terdapat di dalam teks, Mengidentifikasi topik, Menemukan salah satu
kata rujukan, menemukan sinonim dari salah satu kata yang terdapat di dalam teks).
informasi yang terdapat di dalam teks, Mengidentifikasi topik, Menemukan salah satu
kata rujukan, menemukan sinonim dari salah satu kata yang terdapat di dalam teks).
Menukar hasil pekerjaan dengan teman.
Mengoreksi hasil pekerjaan dan dikumpulkan.
Kegiatan Akhir (5’)
Tanya jawab tentang pembelajaran yang baru dilakukan
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
Teks tentang arisan : internet
Gambar yang relevan
LCD
I. Penilaian
Teknik : Tulis
Bentuk : Game/ arrangement/multiple choice
TASK 1
Arrange the following words or phrases into a correct sentence!
1. translated - Prof. Woyowasito and the late Mr. Purwodarminto – as a saving club
1 2 3
4 5 6 7
as “ROSCA”, the abbreviation of Rotating Saving Credit Association
8
2. save – can – we – our money – and – someday – can – we – withdraw – our saving
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
in – arisan
11 12
3. can – a certain sum of money – we – as a loan – get – and – it – repay – in –
1 2 3 4 5 6 7 8 9
installments – any – without – interest
10 11 12 13
4. may – we – that – say – can – get – we – credit – without – procedures – difficulty
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
and - formal
12 13
5. intended – the money – for arisan – as a savings – is commonly regarded
1 2 3 4 5
6. only – is not – arisan – in Indonesians – found
1 2 3 4 5
7. believe – that – I – also – is – popular – it – in – other parts of the world – many
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
but – has – different – it – name
11 12 13 14 15
8. limited – the number of arisan members – is not
1 2 3
TASK 2
Arrange the jumble sentences that you got from task 1 into a good explanation text based on the structure of the text!
TASK 3
Read the text carefully!
Prof. Woyowasito and the late Mr. Purwodarminto translated the word ‘arisan‘ as a saving club, while Prof. Dr. Bowman, a Dutch sociologist, defined it as “ROSCA”, the abbreviation of Rotating Saving Credit Association.
In arisan, we can save our money and someday we can withdraw our saving. We can get a certain sum of money as a loan, and repay it in installments, without any interest. We may say that we can get credit without difficulty and formal procedures. The money intended for arisan is commonly regarded as a savings.
Arisan is not only found among Indonesians. I believe that it is also popular in many other parts of the world, but it has different name. The number of arisan members is not limited.
Based on the the text above, please choose the best answer by giving the cross mark in the letter T if the statement is true and in the letter F if the statement is false!
1. T – F Prof. Dr. Bowman defined arisan as a saving club.
2. T – F We can save our money in arisan.
3. T – F We are difficult to get credit in arisan.
4. T – F Arisan is only found among Indonesians.
5. T – F The synonym of the word “limited” (par. 3) is “restricted”.
Based on the text above, please choose the correct answers a, b, c, d, or e!
6. “Arisan” can be found ....
a. all over the world
b. only in Indonesia and Holland
c. only in big cities in Indonesia
d. in some parts of the world
e. in Indonesia and many other parts of the world
7. The topic of the text is about ....
a. arisan d. what “arisan” is
b. the purpose of “arisan” e. countries that have “arisan”
c. the benefit of “arisan”
8. The main idea of paragraph 1 is that: ....
a. Arisan means a saving club or Rotating Saving Credit Association
b. Prof. Woyowasito and the late Mr. Purwodarminto are people who translate
the word “arisan”
c. Pro f. Dr. Bouwman defined the word “Arisan”
d. A saving club is the same as Rosca
e. Rosca is the abbreviation of Rotating Saving Credit Association
9. “We can save our money and someday we can withdraw our saving.” (paragraph 2)
What does the underlined word refer to …..
a. Prof. Woyowasito and the late Mr. Purwodarminto
b. The writer and the readers
c. The writer
d. Indonesian society
e. Participants
ANSWER KEYS
TASK 1
1. 2 – 1 – 4 – 3 – 5 – 7 – 6 – 8
2. 11 – 12 - 3 – 2 – 1 – 4 – 5 – 6 – 8 – 7 – 9 – 10
3. 3 – 1 – 5 – 2 – 4 – 6 – 8 – 7 – 9 – 10 – 12 – 11 – 13
4. 2 – 1 – 4 – 3 – 7 – 5 – 6 – 8 – 9 – 11 – 12 – 13 - 10
5. 2 – 1 – 3 – 5 - 4
6. 3 – 2 -1 – 5 – 4
7. 3 – 1 – 2 – 7 – 5 – 4 – 6 – 8 – 10 – 9 – 11 – 14 – 12 – 13 – 15
8. 2 – 3 – 1
1. Prof. Woyowasito and the late Mr. Purwodarminto translated the word
‘arisan‘ as a saving club, while Prof. Dr. Bowman, a Dutch sociologist,
defined it as “ROSCA”, the abbreviation of Rotating Saving Credit
Association.
2. In arisan, we can save our money and someday we can withdraw our
saving.
3. We can get a certain sum of money as a loan and repay it in installments
without any interest.
4. We may say that we can get credit without difficulty and formal procedures.
5. The money intended for arisan is commonly regarded as a savings.
6. Arisan is not only found among Indonesians.
7. I believe that it is also popular in many other parts of the world, but it has
different name.
8. The number of arisan members is not limited.
TASK 2
Prof. Woyowasito and the late Mr. Purwodarminto translated the word ‘arisan‘ as a saving club, while Prof. Dr. Bowman, a Dutch sociologist, defined it as “ROSCA”, the abbreviation of Rotating Saving Credit Association.
In arisan, we can save our money and someday we can withdraw our saving. We can get a certain sum of money as a loan, and repay it in installments, without any interest. We may say that we can get credit without difficulty and formal procedures. The money intended for arisan is commonly regarded as a savings.
Arisan is not only found among Indonesians. I believe that it is also popular in many other parts of the world, but it has different name. The number of arisan members is not limited.
TASK 3
1. F
2. T
3. F
4. F
5. T
6. E
7. A
8. A
9. E
Pedoman Penilaian
a. Hasil menyusun kata/phrasa menjadi kalimat yang benar
Kelompok | Score | Nilai |
Jumlah soal 8
Setiap soal yang jawabannya benar diberi score 1
Score max : 8
Nilai : Jumlah score yang diperoleh x 100
Jumlah score max
b. Arrangement
Kelompok | Score | Nilai |
Jumlah kalimat 8
Setiap susunan kalimat yang benar diberi score = 1
Jumlah struktur teks 3
Setiap struktur teks yang benar diberi score 1
Score max : 11
Nilai : Jumlah score yang diperoleh x 100
Jumlah score max
c. Membaca
Nama siswa | Score | Nilai |
Jumlah soal 9. Score max = 9
Setiap soal yang dijawab benar diberi score = 1
Setiap soal yang dijawab salah diberi score = 0
Nilai : Score yang diperoleh x 100
score max
Demikianlah artikel kali ini mengenai contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk mengajarkan explanation text. Semoga RPP explanation text ini dapat membantu atau menginspirasi Sobat dalam membuat RPP lainnya. Baiklah cukup sampai di sini perjumpaan kita kali ini dan sampai berjumpa kembali pada artikel-artikel menarik lainnya.
0 Comments
EmoticonEmoticon