Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Explanation Text 3


Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Explanation Text - Halo Sobat KBIng, dalam proses mengajar seorang guru dibutuhkan step by step yang tepat agar proses belajar mengajar berjalan efektif.


Oleh karena itu, kali ini kita akan menyajikan sebuah contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) explanation text. Namun, sebelum contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) explanation text, ada baiknya bagi kita untuk mengulas sedikit tentang contoh RPP sehingga Sobat menjadi lebih paham dan mudah dalam membuat sebuah RPP. Baiklah, tanpa berlama-lama lagi, di bawah ini adalah pembahasan contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tentang explanation text.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan   : SMA
Mata Pelajaran     : Bahasa Inggris
Kelas / Semester       : X / Ganjil
Materi Pokok              : explanation text tentang gejala alam dan sosial
Alokasi Waktu           : 2 x 45  menit


Kompetensi Inti

KI 1:   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.

KI 2:   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3:   Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4:   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


Kompetensi Dasar

1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa   

pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

3.11 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari explanation text tentang gejala alam, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas X, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.13 Menangkap makna dalam explanation text lisan dan tulis.


Indikator:
  1. Mengidentifikasi explanation text tentang gejala alam, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas X, sesuai dengan konteks penggunaannya.
  2. Menginterpretasi makna explanation text tentang gejala alam.
  3. Menunjukkan gagasan utama (main idea) dalam  explanation text tentang gejala alam.
  4. Menyebutkan informasi rinci dalam explanation text tentang gejala alam baik yang tersirat maupun tersurat.
  5. Menjelaskan makna kata dalam explanation text tentang gejala alam.
  6. Menjelaskan rujukan (reference) yang ada dalam explanation text tentang gejala alam.

A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah proses mengamati, kajian pustaka, berdiskusi, praktik, dan kerja kelompok peserta didik dapat:

  1. Menghargai bahasa inggris sebagai pengantar komunikasi international secara santun.
  2. Memiliki prilaku jujur dan secara bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan sosial dan lingkungan.
  3. Mengidentifikasi struktur dan kaidah explanation text tentang gejala alam.
  4. Menginterpretasi makna explanation text tentang gejala alam.
  5. Menunjukkan gagasan utama (main idea) dalam  explanation text tentang gejala alam.
  6. Menyebutkan informasi rinci dalam teks explanation tentang gejala alam baik yang tersirat maupun tersurat.
  7. Menjelaskan makna kata dalam explanation text tentang gejala alam.
  8. Menjelaskan rujukan (reference) yang ada dalam explanation text tentang gejala alam.


B.     Materi Pembelajaran

Materi Konsep:

Explanation text lisan dan tulis tentang gejala alam

Fungsi Sosial:

Menjelaskan terjadinya gejala alam dan sosiokultural secara ilmiah


Struktur teks

a.  Pernyataan umum yang meyakinkan tentang gejala alam atau sosiokultural.

b.  Serangkaian penjelasan tentang mengapa dan bagaimana gejala yang dimaksud terjadi.


Unsur kebahasaan

(1)  Kata-kata dan ungkapan terkait dengan gejala alam dan gejala sosiokultural pada umumnya, biasanya juga bukan tentang orang.

(2)  Berisi serangkaian tindakan dan deskripsi benda-benda yang terlibat.

(3)  Kata kerja dalam present tense dan past tense: simple, conitnuous, perfect.

(4)  Passive Voice sering digunakan.

(5)  Adverbia dan frasa preposisional penujuk waktu dan sebab akibat.

(6)  Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.

(7)  Ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.


Topik

Gejala alam dan gejala sosiokultural yang lterkait dengan mata pelajaran lain di Kelas X, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku peduli, percaya diri, cinta damai, bertanggung jawab.


C. Metode Pembelajaran
     Pendekatan : Scientific
     Metode         : Discovery Learning


D. Langkah–Langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Pendahuluan

  1. Memberikan salam dan berdoa
  2. Guru memotivasi peesrta didik untuk siap belajar.
  3. Guru mengaitkan materi yang akan dipelajari peserta didik dengan pengetahuan yang sudah dimiliki sebelumnya.
  4. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dikuasai oleh peserta didik.

2. Kegiatan Inti

Mengamati (Menciptakan Stimulus)

  1. Peserta didik mengamati fakta atau fenomena dengan cara melihat, mendengar, membaca, atau menyimak berbagai macam teks explanation tentang gejala alam dari berbagai sumber.
  2. Peserta didik belajar membaca cepat untuk mendapat gambaran umum dari teks melalui proses skimming , scanning , untuk mendapatkan informasi tertentu,. dan inferencing untuk mengetahui informasi rinci.

Menanya (Menyiapkan pernyataan masalah)

  1. Dengan bimbingan dan arahan guru, Peserta didik menanya antara lain perbedaan sturuktur dan unsur bahasa yang digunakanpada teks explanation dalam bahasa Inggris
  2. Peserta didik mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang relevan dengan bahan pelajaran teks explanation, kemudian dirumuskan dalam bentuk hipotesis Mengeksplorasi 
  3. (Mengumpulkan data)
  4. Peserta didik dengan metode mind mapping mengumpulkan berbagai informasi yang relevan. Mengasosiasi (Mengolah Data, Memverifikasi data, Menarik kesimpulan)
  5. Peserta didik memverifikasi data dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
  6. Peserta didik menarik kesimpulan dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
  7. Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok. 

Mengomunikasikan

  1. Peserta didik menyampaikan catatan saat membaca.
  2. Peserta didik membuat jurnal belajar (learning journal).
  3. Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya.

3. Penutup

  1. Peserta didik beserta guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah  diterima.
  2. Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan.
  3. Peserta didik dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.

E. Sumber/Alat, dan Media Belajar

a. Koran, majalah, dan internet

b. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)


Alat/Media                      

LCD


F.     Bentuk Penilaian:
           
No.
Indikator
Bobot
1.
Tugas kelompok
a.       Struktur teks
b.      Grammar
c.       Vocabulary
d.      Development of ideas
e.       Mechanic (punctuation)
75 %
2.
Tugas individu
a.       Menjawab pertanyaan (5 soal)
25%


Task 1 (file attached)

Task 2

Text

Making Paper from Woodchips

Wood chipping is a process used to obtain pulp and paper product from forest trees. The wood chipping process begins when the trees are cut down in a selected are of the forest called a coupe.

First of all, the tops and branches of the trees are cut out and then the logs are taken to the mill. At the mill bark of the logs is removed and the logs are taken to a chipper which cuts them into small pieces called woodchips. The woodchips are the screened to remove dirt and other impurities. At this stage they are either exported in this form or changed into pulp by chemicals and heat.  The pulp is then bleached and the water content is removed. Finally, the pulp is rolled out to make paper.


Find out
  1. What are woodchips?
  2. What is the first stage of wood chipping?
  3. How many stages are there before the pulp is rolled to make paper? What are they?
  4. At the mill, the bark of the logs is removed and the logs are taken to a chipper which cuts them. the word ‘them’ refers to…
  5. Which of these is the purpose of the text?

a.  To describe the way things are

b.  To explain the process involved in the formative of sociocultural phenomena.


Nah Sobat, demikianlah pembahasan mengenai contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) explanation text  kali ini. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi yang baik bagi Sobat dalam membuat RPP explanation text. Baiklah, terimakasih telah membaca dan sampai berjumpa kembali dalam artikel-artikel menarik lainnya.
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon